Sunday, September 1, 2013

TEACH ME TO DO IT MYSELF

Teach Me To Do It Myself (Ajari Aku untuk Melakukannya Sendiri): 
Aktivitas-aktivitas Montessori untuk Anda dan Anak Anda



Penulis: Maja Pitamic
Penerjemah: Adhya Utami Larasati
Jumlah halaman: 195 halaman berwarna + 7 lembar kerja (work sheet
Harga: Rp 110.000,00 diskon 15% menjadi Rp 93.500 

Ketika waktu yang berkualitas sulit diperoleh, Anda memerlukan buku panduan praktis yang membantu Anda untuk memberikan awal terbaik bagi anak Anda. TEACH ME TO DO IT MYSELF dapat memberikannya. Buku panduan dengan permainan rutin langkah demi langkah dan latihan kerja yang dapat dinikmati bersama antara Anda dan anak Anda, serta memungkinkan anak Anda untuk mengembangkan keterampilan kehidupan awalnya. Bayak aktivitas dimasukkan, dari belajar mengancingkan baju sampai mulai memahami angka dan mengembangkan kalimat-kalimat sederhana. Semua aktivitas ditampilkan dengan panduan dan saran yang berkembang seiring terjadinya kesulitan.

Aktivitas dalam buku ini sederhana dan khususnya dibingkai bagi orangtua yang tidak mempunyai pengetahuan khusus, membimbing mereka untuk bekerja dan percaya diri bermain dengan anak-anak mereka. Aktivitas-aktivitas didasarkan pada filosofi Montessori, dan difokuskan untuk anak-anak usia antara dua sampai lima tahun. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan tidak mahal dan tidak memerlukan banyak waktu.

Buku ini terdiri dari 5 bab utama, yaitu:
1. Keterampilan Kehidupan
2. Mengembangkan Pancaindra
3. Pengembangan Bahasa
4. Keterampilan Numerik
5. Keterampilan Sains

TEACH ME TO DO IT MYSELF memberikan kesempatan yang unik bagi Anda untuk mendapatkan wawasan penting tentang kebutuhan anak Anda dan melibatkan diri Anda sendiri dalam perkembangan koordinasi, kesadaran, dan penghargaan diri anak Anda. 


Buku ini cocok untuk:
1. Semua pemerhati dan penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini, Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak
2. Semua ibu yang ingin melakukan aktivitas-aktivitas bermanfaat bersama anak di rumah
3. Para ibu bekerja yang ingin meningkatkan kualitas pengasuhan para baby-sitter atau siapa pun pengasuh anak Anda di rumah, agar aktivitas yang dilakukan anak bukan hanya bermain dengan mainan buatan pabrik saja.
4. Praktisi Home-schooling
Untuk pemesanan, silakan SMS ke 085292229692 dengan format: 
Pesan (spasi) Buku Teach Me To Do It Myself (spasi) kirim ke (spasi) Nama (spasi) alamat lengkap beserta nama kecamatan (spasi) transfer via BCA/BNI/Mandiri*

*pilih salah satu

48 comments:

  1. Saya tertarik buku ini karena bisa jadi referensi dalam mendampingi buah hati yang 'menumbuhkan'

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik buku ini karena bisa jadi referensi dalam mendampingi buah hati yang 'menumbuhkan'

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik buku ini karena saya ingin mengetahui kebutuhan anak dari sudut pandangnya dan mengetahui tahapan kemandirian anak dari sudut pandang montessori.
    Nur Hajjah

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik buku ini karena setelah baca resensinya, saya merasa buku ini dapat membantu saya untuk memberikan ide-ide baru yang kreatif dalam beraktivitas bersama 2 balita saya, di masa golden age mereka.

    Ifa Yulisti Idris

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Saya tertarik buku ini karena ingin anak saya mandiri sejak dini

    ReplyDelete
  7. Saya tertarik buku ini karena...
    1. saya ibu bekerja, yg tidak bisa 24 jam bersama anak, sehingga dengan segala keterbatasan waktu saya pingin tetep punya quality-time bersama anak.
    2. saya orangnya gak sabaran, kadang kebablasan bentak-bentak, padahal cuma karena masalah sepele, misal dia numpahin air trus dimainin. bukan karena apa-apa sbenernya, tapi takut dia kepleset aja sih. padahal klo stok sabar banyak, saya bisa ikutan ngajarin dia tentang air, jadi stimulasi dan eksplorasi dia juga :)
    mungkin dalam buku ini banyak contoh lain. :D
    3. anak jaman sekarang sepertinya bukan anak yang bertahan dimainan yg sudah ada. justru mainannya kadang dicuekin, lebih suka mainin kunci, tali bekas, plastik dll. mungkin dari buku ini juga ada panduan cocok tentang tahap ini :)
    4. saya percaya tiap anak pintar, bukan nakal. stiap aktifitas dia adalah proses pembelajarannya yg harus dibimbing. tapi kadang kita lupa saking sayangnya kita juga terlalu memproteksi dia, dengan alasan takut dia jatuh/ terluka. padahal jika kita percaya dia sesungguhnya pun tidak akan mungkin membuat sengaja supaya terluka, tugas kita adalah PERCAYA dan SUPPORT. nha hal ini yang kadang sering saya lupa, terlalu protect ke dia. padahal ada saatnya nanti dia akan tidak terlalu membutuhkan kita lagi :)
    5. coz im book lovers especially about parenting. saya merasa adalah ibu bodoh yg perlu terus belajar untuk anak-anak dan keluarga saya.

    maaf kepanjangan :)
    *wish me luck*

    Akun FB: Meilisa RH

    ReplyDelete
  8. Saya tertarik buku ini karena saya pengen buku itu menjadi ide-ide cemerlang buat kedua anak saya dalam beraktivitas bersama

    Akun fb Candri C Putri

    ReplyDelete
  9. saya tertarik buku ini karena saya termasuk seseorang yang perfeksionis sehingga terkadang ingin mengajarkan anak banyak hal padahal waktu yang saya miliki sebagai ibu bekerja sangat terbatas sehingga terkadang dalam beberapa hal saya menjadi tidak sabaran dalam mengajarkan sesuatu, melalui buku ini saya ingin mencoba mengevaluasi teknik pengajaran yang selama ini saya lakukan kepada anak. saya rasa melalui buku ini saya akan mendapatkan sudut pandang baru dalam hal teknik mendampingi anak belajar, bukan "mengajari"....

    Akun fb ni tayalin a

    ReplyDelete
  10. Saya tertarik buku ini karena saya ingin terus mengeksplorasi bakat dan minat anak-anak saya melalui stimulasi permainan yang ada di buku ini (salah satunya) lalu mengembangkan keterampilan dan bakatnya sejak dini sehingga belajar dapat lebih menyenangkan :)

    akun FB: Rosa Adelina

    ReplyDelete
  11. Saya tertarik pada buku ini karena saya menyadari tak selamanya saya bisa mendampingi anak-anak, entah karena saya bekerja atau mungkin takdir Tuhan yang lain. Anak adalah anugerah Tuhan yang terindah untuk saya. Saya ingin kelak anak-anak bisa mandiri sehingga mereka dapat melewati kehidupannya dengan baik, dengan atau tanpa saya di sisi mereka. Saya rasa buku ini dapat membantu saya untuk mewujudkannya...mimpi sederhana seorang ibu

    Akun FB Sarastuti"itoet"

    ReplyDelete
  12. Saya tertarik buku ini karena anak sy sedang 'dirumahkan' karena bosan dengan playgroupnya. Saya ingin mendapat pengetahuan lebih bgmana ia tetap bisa belajar mandiri di rumah
    Akun fb: airin nisa

    ReplyDelete
  13. saya tertarik untuk memiliki dan menerapkan buku ini karena sebelumnya saya sudah pernah membaca mengenai teknik biosmart dan sepertinya bila dipadukan dengan pemikiran montessori ini insya allah hasilnya bisa lebih joss. apalagi anakku belum dua tahun. jadi teknik ini insya allah bisa diaplikasikan dengan maksimal. akun fb ardiba sefrienda

    ReplyDelete
  14. Saya tertarik memiliki buku ini karena Saya ingin mengisi hari2 anak saya dg kegiatan cerdas yg sarat makna..jd saya butuh referensi cerdas seperti isi buku ini....

    Akun FB: andin garindia

    ReplyDelete
  15. Saya tertarik buku ini karena saya sudah lama mencari referensi ttg pendidikan anak usia dini a la montessori. Apalagi buku ini berbahasa indonesia, pasti lebih mudahuntuk dipahami.

    FB: Nadhia Afiati

    ReplyDelete
  16. saya tertarik buku ini karena saya berharap waktu yang sangat sedikit yang saya dan suami saya miliki bersama si kecil dapat dipergunakan sebaik mungkin.
    akun fb ari kusuma

    ReplyDelete
  17. saya tertarik buku ini karena sy ingin melakukan berbagai aktivitas-aktivitas bermanfaat bersama anak-anak sy kelak di rumah,sehingga bs membangun kedekatan sedari kecil dgn anak-anak di masa keemasan mereka yg berlangsung sangat-sangat singkat.

    Fb: Mimi wm

    ReplyDelete
  18. Saya tertarik buku ini karena saya ingin menyerap ilmu yang disampaikan penulis pada buku ini; dan menerapkannya kelak kalau sudah punya anak. tidak salah kan belajar dari sekarang? hehehehe
    Akun FB : Saptari Indriani

    ReplyDelete
  19. Saya tertarik dengan buku ini karena bisa saya gunakan untuk menambah referensi dalam rangka menjadi fasilitas belajar bagi anak2. Tinggal dikota kecil dengan pilihan sarana pendidikan yang sedikit membuat saya harus banyak belajar dalam memenuhi kebutuhan anak dalam hal pendidikan. Biar jadi ortu asik buat anak-anak.

    FB: Ratih Setianto

    ReplyDelete
  20. Saya tertarik dengan buku ini karena masa emas pertumbuhan anak memiliki deadline. Dan dalam deadline yang terbatas itu, saya ingin mengetahui sebanyak mungkin apa yang bisa saya lakukan untuk memaksimalkannya. Saya yakin buku ini menjadi salah satu jawabannya.

    FB : Wiwien Apriliani

    ReplyDelete
  21. Saya tertarik buku ini karena berencana home-schooling untuk anak saya. Selain itu karena diterjemahkan oleh mba Adhya.

    akun fb : mizamarta fadila

    ReplyDelete
  22. Saya tertarik buku ini karena Bismillah,, saya sedang mempersiapkan diri untuk menjadi pengajar (satu-satunya di rumah) untuk anak-anak kami. Berawal dari memulai memberi kepercayaan diri pada pembelajar muda kami adalah salah satu konsep perubahan doktrin pendidikan dari orangtua kami dulu dan merupakan tanggungjawab utama bagi orangtua (khususnya ibu), besar perannya dalam pembentukan karakter pribadi anak. Dengan banyak membaca, mendengar, mengamati, dan tentu membuka wawasan seluas jendela dunia semoga buku yg mungkin saja saya dapatkan ini mampu memberikan kesempatan berbagi ide menciptakan aktivitas-aktivitas berkualitas bagi anak, sementara di tengah masyarakat menjamur kegiatan yg melumpuhkan aksi dan imajinasi anak.

    FB: Anita Sofiana M

    ReplyDelete
  23. Saya tertarik buku ini karena butuh buku, yap buku. Aktivitas-aktivitas bermanfaat untuk anak bisa didapat dari internet, buanyak sekali website-website yang menyediakan, baik berbahasa indonesia maupun bahasa inggris, tapi tentu lebih mudah jika saya punya panduan berbentuk buku. Akan lebih nikmat dibaca karena lebih sistematis dibanding harus mengumpulkan banyak link dan mengolahnya terlebih dahulu. Saya juga bisa asyik membaca lembaran demi lembaran kegiatan berpendekatan montessori tanpa terganggu "multi tab" (pernah baca, multi tasking ngga bagus buat otak, dan buka banyak tab termasuk multi tasking, hihi).

    Di samping itu, saya penasaran dengan Montessori ini. Sering denger namanya di beberapa tulisan bertema parenting tapi belum pernah baca satu buku khusus Montessori. Mudah-mudahan mba Adhya bisa mengobati rasa penasaranku ini. Aamiin :D

    Akun FB: Afiyfah Lu'ai

    ReplyDelete
  24. Saya tertarik buku ini karena saya ingin mengoptimalkan setiap detik saya di rumah bersama dua balita saya dengan kegiatan yang bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan life skill anak-anak saya.
    Saya sungguh berharap dapat mendampingi anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan terampil.

    Akun FB : Nurma Yulianto (www.facebook.com/nurma.yulianto.7)

    ReplyDelete
  25. saya tertarik buku ini karena saya dulu susah untuk mandiri

    FB : Mia Fatmawati Suryadiningrat
    https://www.facebook.com/niasequin

    ReplyDelete
  26. Saya tertarik pada buku ini karena...
    1. saya amat sangat menyadari bahwa waktu saya bersama anak terbatas..bisa dibilang anak saya lebih byk menghabiskan waktu bersama neneknya..jadi saya ingin meningkatkan kualitas pengasuhan saya pada anak saya sehingga tumbuh kembangnya dapat lebih optimal...
    2. Penasaran bagaimana sih filosofi montessori dalam bidang parenting...sambil melihat jg apakah filosofi tersebut akan cocok atau tidak dengan gaya parenting kami...atau jangan2 malah kmi sdh menerapkannya? #tambahpenasaran
    Dan karena yg mengasuh anak saya adalah neneknya saya berharap ada tips2nya jg untuk memberi pengertian kpd orang tua kita dgn cara yg tidak menggurui...hehe..
    3. Ingin mengevaluasi jg tentang apa2 yg telah kmi lakukan..mengurangi bahkan menghilangkan yang tidak seharusnya kmi lakukan terhadap anak kami..tapi tetap jg dgn mengingat bahwa setiap pribadi itu unik..tdk dpt disamakan..

    ReplyDelete
  27. Saya tertarik pada buku ini karena ada kata "Montessori" dan kenapa skolah2 yang menerapkan Montessori biayanya MAHAL sekali,...
    saya tertarik untuk mencoba nya di rumah dengan anak saya,..

    ReplyDelete
  28. Saya tertarik pada buku ini karena ada kata "Montessori" dan kenapa skolah2 yang menerapkan Montessori biayanya MAHAL sekali,...
    saya tertarik untuk mencoba nya di rumah dengan anak saya,..

    FB : Diah Nurrasitah

    ReplyDelete
  29. Saya tertarik dgn buku ini, karena :
    1. Buku wishlist sy,dr jaman TUM berdiri,lmyn susah cari secondnya,yg baru,ga kuat di ekonomi :) trus untuk metode Montesssori,sdkt banyak teorinya yg sy tau,skg ingin menambah lg,terutama lbh ke aplikasi/prakteknya ya..harapan nya setelah membaca buku ini,mendapat ide2 segar berkreativitas dan belajar bersama anak.. Sejauh ini proyek2 Montessori yg sdh dilakukan adalah mengenalkan warna, huruf ampelas,kantung bunyi2an,kantung harta karun..ah pokonya pgn lbh banyak dpt ilmu kreatif dan inspiratif lg deh..
    2. Untuk menambah ilmu parenting,terutama kemandirian,kesopansantunan anak..yg sy tau anak2 didikan Montessori itu mandiri n santun ya.
    3.Untuk menambah ilmu sabar sebagai orang tua dalam menghadapi periode emas anak.
    4. I'm your big fans adhya.. Hehe3 semenjak nanya2 rumah idaman haha3 bercanda deng.. :p

    Fb account : diniarti mayaciptani

    ReplyDelete
  30. aku tertarik karena :
    1. aku orang tua tunggal yang bekerja di luar..sebisa mungkin meskipun punya waktu yang sedikit untuk mereka bisa berkualitas

    2. bisa belajar memberi kepercayaan diri untukku dan kedua anakku dan anak pertamaku cenderung susah bersosialisasi dengan teman2nya di lingkungan sekolah maupun tempat les, tapi hafal nama teman2nya..

    3. kedua anakku cenderung ceriwis, jadi bisa mengarahkan mereka dengan bakat keceriwisan mereka

    4. kedua anakku cenderung kritis, jadi apapun yang dia alami/lihat pasti malamnya nanya sama bundanya, atau kalo nda sabar dia nanya ke orang rumah

    5. anak2 "mesin fotocopy" orang tua, lingkungannya..jadi setidaknya bisa jadi pembelajaran aku, keluargaku dan pengasuhnya..:)

    nama FB = N'noenk Maira

    ReplyDelete
  31. Saya tertarik buku ini karena melatih kemandirian dan mengajarkan life-skill penting pada anak melalui cara-cara sederhana namun kreatif dari rumah, buku wajib bagi ibu bekerja seperti saya dan ibu manapun yang ingin mensupport tumbuh kembang anak secara maksimal!

    Fb : Alifah Mubarokah

    ReplyDelete
  32. Saya tertarik dengan buku ini karena saya memerlukan panduan untuk dapat berinteraksi mendidik untuk anak2 saya karena sebagai orang tua kita pun merupakan idola anak2 yg dimana apa yg menjadi tingkah laku kita, ucapan kita dan segala sesuatu yg kita ajarkan akan tercopy dengan sempurna didalam otak anak2..
    Oleh karena itu saya teramat menginginkan buku ini untuk menjadi pedoman tambahan bagi saya (pedoman utama'n al qur'an tentunya) mengajarkan anak dan mengembangkan kreatfitas anak tanpa terbebani dengan kekakuan atau dihantui rasa kebosanan dalam "belajar"..

    Fb : tania anzeali

    ReplyDelete
  33. Saya tertarik dengan buku ini karena saya memerlukan panduan untuk dapat berinteraksi mendidik untuk anak2 saya karena sebagai orang tua kita pun merupakan idola anak2 yg dimana apa yg menjadi tingkah laku kita, ucapan kita dan segala sesuatu yg kita ajarkan akan tercopy dengan sempurna didalam otak anak2..
    Oleh karena itu saya teramat menginginkan buku ini untuk menjadi pedoman tambahan bagi saya (pedoman utama'n al qur'an tentunya) mengajarkan anak dan mengembangkan kreatfitas anak tanpa terbebani dengan kekakuan atau dihantui rasa kebosanan dalam "belajar"..

    Fb : tania anzeali

    ReplyDelete
  34. Saya tertarik buku ini krn sya ingin ank2 sy mjadi pribadi MANDIRI berkualitas,berhub ank2 sy umur@ dempet(dekat-mepet) jd sy jg ingin mrk bs saling lbh kompak&bs sling bkerjasama(secarrra mrk lbh sring brantem@ ktimbang bbagi.. Hadeuuhh pusiiinggg.
    Fb siti syakira

    ReplyDelete
  35. Saya tertarik buku ini karena, sy ingin dan telah menerapkan metode Montessori kepada anak2 sy. Jadi sy perlu ide aktifitas2 Montessori yg sesuai&anak2 suka.

    FB Nurvita Andriani

    ReplyDelete
  36. Saya tertarik buku ini karena, sy ingin dan telah menerapkan metode Montessori kepada anak2 sy. Jadi sy perlu ide aktifitas2 Montessori yg sesuai&anak2 suka.

    FB Nurvita Andriani

    ReplyDelete
  37. Saya tertarik buku ini karena,anak saya yg pertama (hampir berumur 3thn) hingga saat ini belum mengerti apa yg orang katakan, dan juga blm bisa berbicara. dan saya pikir buku ini dapat menjadi panduan terapi dirumah..

    Ninie Faizah Kashidaswati

    ReplyDelete
  38. Saya tertarik buku ini karena saya ingin menjadi ibu yang hebat. Ibu yang bisa mendampingi dan mengantarkan anak-anak menjadi anak yang hebat dan mandiri.

    Akun FB: Harumi Widyarini

    ReplyDelete
  39. Saya tertarik buku ini karena saya pikir orangtua yang cerdas bukanlah sekedar mengajarkan apa yang ia ketahui, tetapi harus bisa mengajarkan apa yang dibutuhkan anak sebagai bekal menjalani kehidupan. Dan saya yakin buku ini bisa menjadi pegangan yang baik bagi orang tua yang ingin anaknya menjadi anak yang hebat.

    Akun FB: Arif Mast

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Saya tertarik buku ini karena buku ini (buku mengenai montessori) adalah buku yang sejak lama saya tunggu. Saya sering browsing ttg metode montessori tapi tentunya hanya berupa ringkasan materi yang pembahasannya tidak terlalu mendalam dan tentunya kebanyakan dalam bahasa Inggris. Saya ingin metode montessori menjadi salah satu 'teman' dalam tumbuh kembang anak-anak saya. Dengan membaca buku ini saya harap saya bisa mendapatkan ilmu tentang metode montessori secara utuh dan menyeluruh sehingga bisa ikut mengambil manfaat darinya dan memiliki acuan yang jelas dalam mengimplementasikannya kepada anak-anak saya.

    Akun FB: Plaza Anak

    ReplyDelete
  42. saya tertarik dengan buku ini karena saya berusaha keras jadi guru utama dalam pendidikan anak saya. walaupun anak saya sekolah tapi saya harus bisa mendidik anak saya dengan baik dan seoptimal mungkin. dengan memiliki buku ini saya yakin akan banyak membantu saya dalam melakukan aktivitas, pembelajaran, dan pengalaman penting untuk anak saya, dan mengajarkan kemandirian untuk anak saya. montessori adalah tokoh penting dalam dunia PAUD, maka buku ini sangat "sesuatu" bila saya miliki...

    akun FB : Lusi Syahsetya

    ReplyDelete
  43. saya tertarik dengan buku ini karena sejujurnya saya masih belum paham dengan metode montessori.
    ditambah lagi, memiliki dua orang anak batita yang sedang aktif dan penuh rasa ingin tahu terkadang membuat saya mati kutu dan kehabisan ide kreatif. siapa tahu metode ini cocok untuk kedua anak saya :)

    akun FB: riana garniati rahayu

    ReplyDelete
  44. Saya juga tertarik sekali dengan buku ini. Berusaha belajar menjadi guru yg terbaik buat anak2 saya. Sudah lama saya mendengar mengenai metode pengajaran Montessori,namun masih banyak2 belajar dan memang membutuhkan panduan jg. Alhamdulillah dg adanya buku ini semoga bisa membantu saya dlm mengajari anak2 saya dlm mengembangkan kreatifitasnya dan kemandiriannya.
    akun FB : Aisyah Herawati

    ReplyDelete
  45. halo..

    buku ini masih bisa dipesan?
    jika masih ada, please info di email saya ecclesia.febbe@gmail.com

    thanks,
    Febe

    ReplyDelete
  46. halo..

    buku ini masih bisa dipesan?
    jika masih ada, please info di email saya ecclesia.febbe@gmail.com

    thanks,
    Febe

    ReplyDelete
  47. Saya tertarik dengan buku ini karena saya ingin memaksimalkan waktu saya bersama anak-anak disela pekerjaan saya sebagai abdi negara

    Akun fb : Rizky Roesandini

    ReplyDelete